Membuat Virtual Host pada XAMPP

Sebelum penulis jabarkan bagaimana membuat virtual host pada XAMPP, ada baiknya penulis jelaskan dulu apa itu virtual host. Menurut Wikipedia:

Virtual hosting is a method for hosting multiple domain names (with separate handling of each name) on a single server (or pool of servers). This allows one server to share its resources, such as memory and processor cycles, without requiring all services provided to use the same host name.

Jika penulis terjemahkan secara bebas, virtual hosting adalah sebuah metode untuk menampung banyak domain dalam 1 server vritual. Maka, virtual host adalah salah satu dari sekian banyak domain yang tersimpan dalam 1 server virtual.

Agar mempermudah pemahaman, begini contoh nyata bagi pengguna XAMPP.

Host : localhost
Dokumen : /htdocs/*
Artinya, jika menyimpan sebuah file berkas.php pada folder htdocs, maka bisa diakses dengan alamat http://localhost/berkas.php

Jika kita mempunyai folder projek “teknomatika“, maka kita harus mengaksesnya dengan alamat http://localhost/teknomatika.

Lalu, dimana Virtual Host-nya? Virtual host adalah jika penulis mengakses http://teknomatika.id maka akan mengakses http://localhost/teknomatika tanpa saya perlu membeli domain. Secara pendeknya, virtual host adalah domain palsu yang aktif di host server (localhost) kita.

Sampai sini, sudah paham apa itu Virtual Host? Jika sudah, mari kita ke halaman selanjutnya untuk langkah-langkah membuat virtual host pada XAMPP. KLIK DISINI.

Incoming search terms:

Kamu mungkin ingin membaca ini juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *