Ini Text Editor-ku, mana Text Editor-mu?

Tangerang. Hai kawan, ketemu lagi dengan ocehan saya 🙂

Kali ini saya mau membahas tentang beberapa text editor yang biasa saya pakai untuk ngoding. Mungkin kita pakai software yang sama 🙂

  1. Adobe Dreamweaver CS6
    Software ini sebetulnya jarang saya gunakan untuk kerja, namun paling pas digunakan ketika mengajar PHP pada murid-murid saya karena GUI-nya yang memudahkan kita. Tapi, tidak selamanya saya jejel dengan DW ini, biasanya hanya sampai ke pengenalan form saja. Selebihnya, saya paksa mereka untuk menulis sendiri tag-nya.
  2. Brackets
    Saya kenal software ini belum lama, ya kira-kira baru 1 minggu sebelum saya menulis artikel ini. Jadi, belum terlalu bisa mereview tentang software ini. Mangap yah.
  3. Notepad++
    Nah, masih ada yang belum mengenal Notepad++ kah, wahai teman-teman Raharjaku? Sebelum saya kenal dengan 2 software lainnya yang akan dijelaskan dibawah, ini adalah software andalanku. Namun, banyak batasannya, seperti belum tersedianya AutoComplete yang mempersingkat waktu ngoding kita, lalu Project Treenya belum mumpuni, dan lain sebagainya.
  4. Aptana Studio
    Nah, ini saya mengenal ketika saya kerja di daerah Bintaro-Jakarta Selatan. Teman saya, posisinya Web Designer, yang mengenalkan saya. Oia, posisi saya di kantor itu adalah sebagai Web Programmer (merangkap Database Analyst/Engineer, SEO Analyst dan Back-End Developer).
    Hal yang saya suka dari Aptana ialah fitur “online editor” berbasis FTP-nya. Jadi, gak perlu repot upload-download file dari local ke servernya \(^_^)/. Namun kelemahannya adalah, untuk proses “Create file/folder”, permission filenya harus diubah terlebih dahulu.
  5. Sublime Text
    Daaaan..ini masih menjadi text editor favorit saya. Jika Aptana yang berurusan langsung dengan server, maka Sublime berurusan dengan yang lokal-lokal saja, yups benar, localhost. Fitur yang saya suka ialah Project Foldernya, memudahkan kita untuk mengedit tanpa harus bulak-balik ke Windows Explorer atau berjibaku dengan File Dialog (biasanya dimulai dengan CTRL+O itu lhooo..). Bedanya dengan Notepad++ ialah, di Sublime kita bisa melakukan CRUD melalui Project Foldernya, sedangkan Notepad++ tidak bisa.

Artikel saduran : http://aaezha.ilearning.me/2014/07/ini-text-editor-ku-mana-text-editor-mu.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *